Sabtu, 14 Mei 2016

Seimbangkan Semangat, Hobi dan Pengetahuan Unik

Idealis, merupakan pengertian dari keinginan seseorang yang memiliki minat sangat tinggi terhadap sesuatu dan tidak perduli jika minat itu sesuatu yang tidak baik atau tidak memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ketika memutuskan untuk bermain di sosial media, penting sekali untuk menyimpan idealis ini sebatas hobi dan pertimbangkan peluang-peluang yang lebih menjanjikan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Disisi lain, penting bagi Anda untuk tetap juga memikirkan hobi itu tersebut sebagai investasi jangka panjang. Karena bagaimanapun, setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Selalu ada celah untuk setiap kegiatan menjadi bermanfaat, asalkan tahu dan memahami bagaimana mengelolanya.

Pada edisi sebelumnya, saya pernah membahas tentang bagaimana menemukan kesempatan unik di Instagram, kesempatan yang membantu anda untuk menciptakan peluang yang bisa menaikkan branding anda di sosial media. Lalu merubahnya menjadi sebuah akun menarik yang belum pernah di temukan, yang memancing orang-orang membicarakannya. Ini tentu membutuhkan proses yang lama dan kerja cerdas yang terorganisir. Ingat ya, kerja cerdas, bukan kerja keras!

Nah kembali lagi pada topik awal, semua ini membutuhkan semangat yang tidak pernah luntur. Hobi apapun tentunya akan memberikan pengetahuan unik kepada mereka yang tekun melakukannya. Sebelumnya, hobi ini adalah kata kerja. Jadi apapun yang anda lakukan dan anda senang melakukannya, itulah yang disebut dengan hobi. Kegemaran anda pada sepeda motor misalnya, pastinya anda harus melakukan sesuatu untuk terus mengikuti perkembangan sepeda motor. Tentunya kegemaran sepeda motor itu bisa di pecah lebih spesifik, misalnya sepeda motor matik atau moge (motor gede). Ketika kegemaran ini muncul, anda akan mencari informasi-informasi menarik sepeda motor spesifik yang sudah ditentukan sebelumnya. Setiap orang yang memiliki minat yang sama akan senang hati memberikan informasi unik yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Dan biasanya mereka memiliki semacam perkumpulan yang fokus pembicaraannya tidak jauh-jauh dari sepeda motor. Pastinya juga selalu ada salah seorang anggota yang menawarkan pernak-pernak unik seputar sepeda motor.

Ketika memutuskan memilih ceruk (niche) pasar yang berbeda dari hobi anda, disinilah tantangannya. Banyak dari mereka yang sukses karena memilih jalan yang sama sekali berbeda dari jalan biasa yang mereka lalui. Perlu saya tekankan disini, saya tidak menganjurkan anda untuk beralih profesi dan meninggalkan hobi anda, terlepas apapun jenis hobi anda. Yang saya ingin berikan pada artikel singkat ini adalah bagaimana sebuah kesempatan unik akan membuka peluang yang tidak pernah anda bayangkan. Dan siapa tahu bisa dikolaborasikan dengan hobi anda.

Pada intinya, bagaimana menyeimbangkan antara semangat anda pada hobi yang anda tekuni, diikuti dengan pengetahuan yang memadai sehingga anda mengerti dan memahami tujuan pasti mengapa Anda menghabiskan banyak waktu di sosial media. Pengetahuan unik yang anda dapatkan tentunya akan sangat berarti dan bermanfaat sebagai pendorong tambahan atau daya dongkrak yang mencegah anda kehilangan motivasi.

Salah satu contoh kasus ini mungkin bisa menjadi tambahan motivasi buat anda.

Salah seorang blogger profesional Indonesia, Yudiono, dulunya adalah seorang pekerja yang bekerja di sebuah perusahaan asing dengan gaji sekitar US$2,000. Angka segitu jika di konversi ke rupiah setara gaji manajer sebuah perusahaan lokal. Apalagi nilai tukar rupiah saat itu memang tidak setinggi sekarang, tapi tetap saja angka tersebut cukup banyak. Bayangkan, dia keluar dari pekerjaannya untuk beralih profesi menjadi seorang blogger profesional. Profesi yang tidak jelas dan rawan stress. :)

Bahkan orang tuanya sangat menentang keputusan tersebut. Mungkin karena pola pikir mereka yang masih terbawa zaman dahulu, dimana pekerjaan sangat sulit didapat. Tapi tentu saja, mas Yudi tetap keukeh dengan pendiriannya kalau ini adalah pilihan yang paling baik.

Mengapa saya menceritakan kisah ini!? Apa hubungannya!?

Seperti yang saya katakan di paragraf awal, semangat yang dicari mas Yudi pada pekerjaannya tidak ada, sehingga jika dibiarkan terus seperti itu, maka produktifitasnya akan terganggu dan sudah pasti akan berdampak pada pekerjaannya. Mas Yudi tidak menemukan pengetahuan unik yang bisa dia dapatkan di dalam pekerjaan tersebut. Menariknya, semua itu, semangat, hobi dan pengetahuan unik justru beliau temukan ketika memutuskan berubah haluan menjadi seorang profesional blogger.

Idealis, sekali lagi, akan sangat berguna pada saatnya nanti, ketika anda berani melewati rintangan demi rintangan yang akan sering anda temui di perjalanan membangun kerajaan bisnis anda di Instagram. Tidak hanya anda saja, ada banyak orang diluar sana yang juga memiliki semangat dan komitmen untuk meraih kehidupan yang lebih baik dengan semua kemampuan yang dimiliki. Ijinkan saya untuk mengatakan hal ini, kalau anda berhak untuk sukses, tidak peduli metode apa yang akan anda gunakan. Kesempatan itu selalu terbuka. Semua kembali pada pilihan anda, ingin menempuh cara yang normal dan benar atau memilih cara yang salah dan kotor.

Jadi sementara ini, lupakan idealisme anda, temukan semangat dan hobi dari setiap peluang yang tersebar di luar sana, lalu kombinasikan dengan pengetahuan unik yang anda dapatkan dari mana saja, hingga tidak saja memberikan manfaat kepada orang lain, tapi juga menghasilkan pundi-pundi rupiah ke rekening anda.