Kamis, 26 Mei 2016

Pelajari Seni dan Ilmu Memamerkan Foto yang Unik dan Menarik Perhatian

Tahukah anda fungsi dari filter-filter yang disedikan Instagram?

Jika Anda belum mengetahuinya, fungsi utama filter-filter tersebut adalah untuk menciptakan efek yang menarik perhatian. Kita semua sudah terlalu biasa melihat gambar-gambar yang polos. Karena kita bisa melihatnya langsung. Seperti misalnya gambar pemandangan matahari terbenam. Lalu ada seseorang yang mengabadikan momen tersebut dan memamerkannya tanpa menggunakan filter sama sekali alias polos. Menurut saya, itu sangat membosankan. Apa bedanya dengan melihat langsung. Yang semua kita inginkan, yang Anda dan saya inginkan, adalah melihat matahari terbenam yang tidak mungkin bisa dilihat oleh mata kita.

Itulah fungsi dari filter-filter yang disediakan Instagram. Merubah yang biasa jadi sesuatu yang tidak biasa, yang mengundang decak kagum seseorang karena kreativitas olah poto yang dilakukan.

Untuk itu, perlunya Anda belajar seni dan ilmu memamerkan poto yang menarik perhatian siapapun yang melihat hasil kreativitas Anda. Sungguh rugi mereka yang tidak memaksimalkan filter-filter yang tersedia. Bahkan Facebook dan Twitter serta Google+ pun tidak menyertakan pilihan efek-efek unik seperti itu. Tidak heran Facebook membeli Instagram. Tujuan utama tentu saja fitur tersebut bisa diimplementasikan di Facebook tanpa terkena hak cipta. Jadi tidak heran jika suatu saat fitur filter akan tersedia di Facebook.

Meskipun tidak semua konten yang Anda bagikan merupakan hasil karya Anda, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan sedikit pengaturan agar konten foto tersebut terlihat lebih menarik dari aslinya. Sebagian pengguna Instagram juga mengetahui konten-konten yang ada di Instagram tidak semua karya asli sang pemilik akun. Tapi mereka tidak peduli dengan hal tersebut. Yang penting foto-foto tersebut mampu membangkitkan emosional mereka, itu sudah cukup.

Mungkin Anda jadi tertarik begitu membaca kalimat, "membangkitkan emosi"!?

Ya. Ini adalah salah satu seni dan ilmu yang harus Anda kuasai sehingga setiap konten foto yang Anda bagikan bisa memberikan sesuatu yang berdampak pada emosional pengikut Anda.

Ini akan masuk ke tahapan psikologi. Jadi saya harap Anda menyediakan kopi atau teh untuk teman karena topiknya agak berat.

Contoh paling sederhana, bagi seseorang yang terbiasa bekerja keras, pergi pagi pulang sore atau malam kalau lembur, pemandangan alam yang dihiasi langit biru cerah dengan pantai dan beberapa pohon kelapa yang berjejer rapi akan berdampak besar bagi emosional pekerja tersebut. Emosi kerinduan akan muncul dalam dirinya karena pemandangan alam diasosiasikan dengan liburan.

Namanya liburan belum lengkap disebut liburan kalau belum jalan-jalan ke pantai. Setuju!? :))

Saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh lagi karena ilmu psikologi saya bisa dibilang nol.

Intinya, bagi seorang pekerja, liburan itu sangat mahal.

Begitu pula bagi seseorang yang sering bepergian. Kampung halaman dan keluarga itu sangat bernilai.

Bagi seorang kriminal, kebebasan itu tidak bisa dinilai.

Bagi seorang polisi, keamanan merupakan harga mutlak sehingga mereka akan melakukan apa saja demi menjamin keselamatan tidak saja dirinya, tapi juga keluarga mereka dan orang lain.

Selasa, 24 Mei 2016

Membuat Profil Unik Untuk Menarik Pengikut (follower)

Jika pada artikel sebelumnya, Saya membahas panjang lebar mengenai pentingnya memilih profil poto yang unik dan menarik untuk akun bisnis Instagram Anda. Maka kali ini, Saya akan membantu Anda membuat profil yang mampu menarik pengikut atau follower untuk mau menjadi bagian dari komunitas yang Anda bangun.

Sebelumnya, Saya mendorong Anda untuk bermain di pasar yang sudah mapan. Pasar yang mapan disini adalah, target konsumen Anda adalah mereka yang berasal dari negara-negara premium; Amerika Serikat, Canada, UK, Australia, Spanyol, Perancis dan Jerman.

Mengapa Anda perlu bermain di pasar yang sudah mapan?

Ada beberapa alasan. Salah satunya, mereka sudah siap dalam hal kemapanan ekonomi dan transaksi online. Dengan kata lain, kemungkinan untuk mendapatkan konversi jauh lebih tinggi ketika Anda fokus pada pasar yang sudah mapan. Saya pernah membahas tentang bagaimana idealisme perlu dikesampingkan sementara hingga kita mampu meraih target yang sudah dicanangkan dari awal. Anda bisa membaca seimbangkan semangat, hobi dan pengetahuan unik untuk lebih mendalam.

Selain itu, Anda lebih mudah mendapatkan calon konsumen karena rata-rata mereka menyediakan anggaran khusus untuk iklan. Jadi tugas Anda hanya mencantumkan email dan pasif menunggu, atau menjemput bola, yakni mengirimkan email ke para pengiklan.

Tapi tentunya semua itu akan terasa mudah Anda lakukan ketika mampu membuat profil akun instagram yang unik, sehingga mampu menarik pengikut untuk menjadi penggemar setia.

Lalu bagaimana cara yang baik?

Sederhana saja sebenarnya. Anda bisa meniru beberapa akun besar yang memiliki banyak pengikut. Cukup jelaskan dengan singkat dan padat yang bisa mewakili keseluruhan konten yang agan ingin bagikan.

Misalnya, konten berkaitan dengan alam dan isinya. Agan bisa membuat model-model akun profil seperti ini;

"Everything you want to know about nature in one single page"

"Best place for your nature photography"

Ini hanya sekedar contoh saja. Anda bisa menggunakan kata-kata yang menggugah atau kata-kata yang mengandung emosional.

Contoh, kata-kata seperti; terbaik, keren, gaul, rahasia dan seterusnya. Di akhir artikel, Anda bisa melihat contoh-contoh kata yang memancing emosi.

Intinya, bagaimana sebuah kalimat sederhana, yang disusun dengan singkat dan padat mampu menarik perhatian pengguna Instagram lainnya.

Kata-kata yang membangkitkan minat seseorang untuk melakukan aksi. Dalam kasus ini, membangkitkan aksi untuk mengikuti akun Anda dan siap bergabung menjadi komunitas yang Anda bangun.

Berikut ini sebagian kata-kata yang bisa Anda gunakan. Silakan kalau mau diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

free

sale

new

professional

guaranteed

special

tested

improved

immediately

limited

simplistic

powerful

big

popular

exclusive

valuable

how to

endorsed

unlimited

discount

fundamentals

under priced

easy

collossal


Dan seterusnya.

Tentunya tiap-tiap kata punya fungsinya masing-masing, tergantung kebutuhan Anda. Jika Akun Anda berkaitan dengan produk, maka pastinya kata-kata seperti discount, under price, limited dan exclusive akan lebih cocok digunakan untuk menarik calon potensial konsumen Anda. Dengan begini, Anda bisa lebih memperbesar probabilitas produk Anda mendapat respon yang baik.

Sabtu, 21 Mei 2016

Selektif Memilih Profil Foto Instagram yang Unik dan Menarik

Wajah yang menarik dan terlihat menawan tentu lebih banyak mengundang simpatik orang-orang. Memiliki paras yang rupawan merupakan keindahan yang tidak semua orang miliki. Nah, bersyukurnya Anda yang diberikan karunia berupa paras yang menarik dan rupawan.

Lalu apa hubungannya dengan pembahasan kita kali ini? Banyak.

Seperti yang kita tahu, saat pertama kali membuat akun profil sosial media, pasti yang pertama kali kita lakukan adalah memilih dan memilah koleksi foto yang layak untuk dijadikan profil foto. Profil foto di sosial media merupakan identitas kita untuk lebih mudah dikenali. Orang bahkan tidak perlu melihat nama Anda. Hanya dari foto saja orang akan mengetahui siapa Anda, dalam kasus orang tersebut mengenal Anda sebelumnya. Selain itu, sudah lumrah kalau yang pertama kali dilihat itu foto dulu, baru nama.

Berkenaan dengan sosial media untuk bisnis, Anda harus menyadari dan selektif untuk memilih profil foto, khususnya Instagram, yang mendorong orang lain untuk mencari lebih banyak tentang akun tersebut. Mari saya jabarkan lebih jauh.

Karena Instagram merupakan sosial media berbagi poto, maka profil poto yang unik dan menarik jelas merupakan segalanya. Ketika Anda melakukan cara manual untuk mendapatkan 100 pengikut pertama, yakni menjadi pengikut dari akun orang lain dan berharap dia melakukan hal yang sama. Saya memiliki dua kabar di sini untuk Anda, kabar buruk dan kabar baik.

Saya memulai dengan kabar buruknya. Ketika Anda melakukan langkah di atas, beberapa dari mereka melihat akun Anda untuk mencari tahu siapa Anda dan bagaimana Anda bisa mengetahui akun sosial medianya. Masalahnya, Anda adalah orang asing yang entah dari mana tiba-tiba saja mengetahui akun sosial media Instagram mereka. Sebagian dari mereka akan menilai konten Anda dimulai dari profil foto. Dari profil foto ini bisa menjelaskan banyak hal, apa jenis konten Anda dan apakah sesuai dengan minat mereka atau tidak. Saya tidak perlu menjelaskan lebih jauh jika konten Anda berkualitas, mereka akan senang hati memberikan apresiasi dengan menjadi bagian dari komunitas bisnis Anda.

Kabar baiknya, ada banyak sekali yang langsung memberikan apresiasi hanya dengan melihat foto profil Instagram Anda. Mereka tidak berpikir dua kali karena impresi awal yang berkesan dari foto profil akun Instagram Anda. Ini biasanya terjadi jika Anda mencari orang-orang yang memiliki minat yang sama. Jadi, profil poto sudah menjelaskan kesamaan minat tanpa perlu mereka melihat nama akun tersebut.

Untuk itulah, perlunya Anda selektif dalam memilih profil foto Instagram, tidak saja unik dan menarik, melainkan juga mengundang rasa ingin tahu orang yang menemukan akun Anda, baik secara langsung karena Anda mengikuti mereka, atau secara tidak langsung.

Jika Anda masih tertarik untuk membaca sampai sejauh ini, saya akan mencoba melakukan analisa terhadap salah satu akun Instagram yang pengikutnya hampir setengah juta orang. Akun ini tidak jelas, tanpa nama asli pemiliknya, hanya mencantumkan nama yang sama dengan nama di akun profilnya. Nama akun ini @doubletapgrid. Akun favorit saya sejauh ini. Simple, elegan dan sangat menarik perhatian dengan kontennya yang penuh warna. Saya banyak belajar dari akun-akun seperti itu.

Dari analisa yang saya lakukan, profil foto akun ini memiliki keunikan yang tidak biasa. Pemiliknya memilih produk yang menarik, yakni flash disk dalam wujud biskuit Oreo. Mungkin sebagian dari Anda menganggap profil poto tersebut biasa-biasa saja. Saya tidak akan menyalahkan Anda, karena setiap orang memiliki pandangannya masing-masing ketika menilai segala sesuatu.

Intinya, keunikan itu tercermin dari profil foto akun tersebut. Di mana Anda bisa menemukan produk flash disk dalam wujud biskuit Oreo!? Mungkin saja Anda menemukannya di salah satu toko online. Jika Anda tidak menemukannya, sudah jelas ada usaha yang dilakukan sang pemilik akun berkaitan dengan kreativitasnya menggabungkan biskuit Oreo dengan flash disk.

Jika Anda kesulitan dalam memilih profil foto yang menarik, itu merupakan sesuatu yang wajar. Anda belum pernah sama sekali dihadapkan pada kerepotan seperti ini. Dengan kata lain, mencari potensi penghasilan dari sosial media belum mengakar begitu kuat pada diri Anda. Anda berpendapat, sosial media sekedar hiburan dan mencari teman.

Apa yang Anda butuhkan tidak lagi sekedar informasi, melainkan teknik-teknik dan langkah-langkah praktis bagaimana memulai bisnis di Instagram. Eksperimen Sosial Media; Edisi Instagram adalah eBook yang membantu Anda untuk melakukan langsung alias praktek. Di dalam eBook ini, saya tidak lagi memberikan teori-teori yang membuang waktu Anda, melainkan memberikan Anda langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan. Mulai dari pembuatan akun hingga metode-metode praktis yang jarang Anda temukan di luar sana.

Perlu Anda ketahui, Saya TIDAK MENJAMIN Anda sukses ketika mempraktekkan apa yang saya berikan di eBook tersebut. Setiap orang memiliki rezekinya masing-masing. Yang saya jamin, Saya akan mengarahkan Anda agar mempercepat perjalanan Anda. Tidak lagi melakukan eksperimen ini itu yang membuat otak Anda pusing tujuh keliling.

Rabu, 18 Mei 2016

Riset Untuk Membuat Akun Profil Instagram Yang Unik dan Menarik

Seorang professional blogger yang baik sebelum mulai berkecimpung di dunia blogging harus meriset topik apa yang kira-kira disukai pembaca. Topik yang tidak saja memberikan manfaat terhadap pengunjung blognya, tapi juga memberikan umpan balik kepada sang pemiliknya.

Begitu pula dengan calon professional sosial media, seperti Anda. Anda tidak bisa langsung membuat akun Instagram tentang diri Anda, misalnya, lalu memamerkan koleksi poto-poto Anda yang tidak terlalu menarik perhatian. Bukan karena Anda tidak ganteng/cantik, karena ganteng dan cantik itu masalah genetik. Percuma kan kalau ganteng taunya manusia serigala atau cantik-cantik taunya penghisap darah alias drakula alias vampir. :)

Memilih akun profil yang unik dan menarik merupakan perwakilan dari apa yang akan Anda berikan kepada calon pengikut Anda. Melakukan riset untuk menetapkan akun profil yang sesuai tidaklah memakan waktu berhari-hari, atau berminggu-minggu. Cukup dengan memanfaatkan beberapa tool-tool riset yang banyak tersedia di Internet. Salah satunya adalah Google Keyword Planner. Meskipun GKP lebih sering digunakan mencari kata kunci untuk keperluan menulis artikel di blog, tidak ada salahnya Anda menggunakan tool yang sama untuk mencari nama akun profil yang memancing rasa penasaran calon konsumen atau pengikut Anda.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, mungkin Anda bisa sedikit meluangkannya untuk membaca artikel yang masih berkaitan dengan apa yang saya bagian pada kesempatan kali ini. Di artikel menciptakan akun profil Instagram yang unik dan menarik yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu, Saya menjelaskan banyak hal dan bagaimana proses riset Anda akan lebih optimal setelah Anda membacanya terlebih dahulu. Jika Anda sudah membacanya, silakan lanjut.

Selain memanfaatkan tool-tool gratis, Anda bisa melakukan riset pada beberapa akun yang cukup populer di Instagram. Tidak sampai di Instagram saja, Anda pun bisa melebarkan sayap untuk mencari dan menemukan beberapa ide yang cukup menarik di berbagai sosial media; Facebook, Twitter, Google+, Medium.com, Vk, forum-forum, baik forum dalam negeri maupun forum luar, dan terakhir tapi bukan yang pertama, Youtube. Perhatikan bagaimana pemilik akun-akun yang populer memilih nama yang tidak biasa sehingga orang-orang tidak sabar untuk menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Tentu sebagian ada yang tidak terlalu peduli dengan nama. Sebagian dari mereka berpikir, apalah arti sebuah nama. Sebuah pernyataan yang menantang sebenarnya. Tapi di jejaring sosial berbagi poto seperti Instagram, hal itu berarti sangat banyak. Salah memberikan nama pada akun profil, siap-siap kehilangan potensi ratusan juta pengguna Instagram yang aktif setiap bulan.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada satupun pengembang yang menciptakan software yang bisa mencari kata kunci yang paling potensial di Instagram. Salah satu yang menghambat adalah akses Instagram yang khusus untuk smartphone saja. Akses dari web masih sebatas log-in, log-out, buat akun, edit akun,

Lain halnya dengan sosial media paling populer sejagat, Facebook. Sosial media ini memiliki banyak sekali alat-alat pendukung di luar sana. Bahkan salah satu alat pendukung tersebut buatan anak bangsa dan sudah banyak sekali dimanfaatkan oleh mereka yang mencari peluang di sosial media.

Apa yang menarik dari penggunaan alat-alat pendukung ini?

Alat-alat ini membantu Anda untuk mengidentifikasi perilaku manusia saat mereka aktif di sosial media. Dari perilakunya ini, kita bisa melihat apa minat mereka, berapa usia mereka dan bagaimana pola interaksi dengan sesama pengguna sosial media. Tentunya tidak semua orang mencantumkan minat maupun hal-hal yang bersifat pribadi untuk di konsumsi umum. Nah, di situlah peran unik dan menarik dari alat-alat pendukung ini. Kita akan dibantu untuk mengumpulkan orang-orang sesuai minat yang kita cari.

Misalnya, ketika melakukan riset untuk menemukan ide mengenai akun profil Instagram yang unik dan menarik, Anda memutuskan melakukan riset di sosial media lain. Pada kasus ini, kita akan menggunakan sosial media Facebook.

Anda bisa mengakses alat pendukung ini di http://facebookgraph.tk/. Ini adalah alat pendukung khusus untuk Facebook. Seperti yang saya bilang sebelumnya, alat pendukung ini membantu Anda menemukan banyak ide menarik yang bisa anda implementasikan pada calon akun profil Instagram Anda. Sebelum Anda menggunakannya, pastikan Anda log-in dulu ke akun Facebook, karena alat tersebut terintegrasi dengan FB langsung. Jadi kalau Anda tidak log-in, maka Anda tidak bisa menggunakannya.


Dari riset sederhana ini saja, sudah banyak sekali ide-ide yang membantu Anda semakin dekat untuk membuat akun profil Instagram yang menarik. Perhatikan nama dan profil dari tiap-tiap grup atau fan page tersebut dan lihat mana yang mendapatkan like paling banyak atau mana grup yang paling ramai dan aktif.

Jika artikel ini banyak membantu Anda, ijinkan saya memberikan Anda apresiasi yang tulus. Saya yakin dari penjelasan singkat ini akan membuka wawasan Anda lebih jauh lagi. Masalah Anda akan praktek atau tidak itu masalah belakangan. Yang penting Anda memahami apa yang saya sampaikan.

Tapi, jika Anda masih kesulitan membayangkan, mungkin Anda membutuhkan lebih dari sekedar informasi. Yang Anda butuhkan adalah langkah-langkah praktis, metode yang bisa langsung Anda praktekkan tanpa perlu direpotkan dengan teori-teori yang bikin sakit kepala

Eksperimen Sosial Media; Edisi Instagram adalah eBook yang membahas langkah-langkah praktis yang bisa Anda praktekkan tanpa perlu banyak mikir. Saya akan mengajarkan Anda langsung metodenya mulai dari halaman pertama hingga halaman akhir. Bisa dikatakan, isi eBook ini 99% praktek. Saat ini, eBook dalam proses penyelesaian. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa berada di tangan Anda. Saya rencana akan menjualnya di Tokopedia dan BukaLapak. Jadi transaksinya sangat aman. Blog ini saya gunakan untuk keperluan promosi.

Senin, 16 Mei 2016

Menciptakan Akun Profil Instagram Yang Unik dan Menggugah

Dari mata turun ke hati. Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama.

Impresi awal begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.

Pernah mendengar kalimat-kalimat menarik seperti diatas? Jika belum, berarti anda tidak mengetahui betapa besarnya pengaruh kesan pertama yang bisa berarti awal dari segalanya, atau akhir dari segalanya.

Lalu apa hubungannya dengan Instagram? Baca lagi.


Sebagian orang, termasuk saya juga, ketika pertama kali menggunakan Instagram untuk bisnis, biasanya memiliki masalah pada bagaimana mencari pengikut atau follower agar mereka mau menengok akun Instagram saya dan memutuskan untuk ikut menjadi bagian dari komunitas yang kita bangun di sosial media tersebut.

Teknik sederhana yang paling umum dilakukan adalah, melakukan follow satu-satu kepada pengguna Instagram dan berharap ada timbal-balik, yakni melakukan follow back. Masalahnya, tidak semudah itu untuk membuat mereka mau dengan sukarela mengikuti kita kembali, sebagai imbalan karena kita mengikuti mereka. Tentu banyak pertimbangan bagi mereka tidak mau melakukan hal tersebut. Salah satunya, akun profil anda yang tidak unik dan menarik.

Menciptakan akun profil Instagram yang unik dan menggugah tentu ada seninya. Cara paling sederhana, anda bisa meniru profil akun-akun resmi, entah itu artis, klub sepakbola, atau perusahaan. Meniru metode mereka bagaimana membuat akun profil yang menarik perhatian sehingga memancing orang lain untuk bergabung menjadi bagian dari komunitas yang anda bangun.

Untuk lebih memahami artikel ini, anda bisa membaca kembali beberapa artikel yang pernah saya tulis sebelumnya. Artikel yang anda baca ini berkaitan erat dengan artikel lainnya. klik bagian pertama, bagian kedua, ketiga dan keempat.

Masih berkaitan dengan topik awal, yang perlu anda perhatikan, seperti yang pernah saya singgung di artikel sebelumnya, adalah temukan kesempatan unik yang ada di Instagram, lalu bagaimana mengolahnya menjadi ide akun yang menarik, dan tetap konsisten dengan itu. Bagian terakhir yang membutuhkan usaha lebih banyak, karena tanpa konsistensi, akan sulit untuk mewujudkan apapun yang anda ingin capai. Intinya, bagaimana menyeimbangkan semangat, hobi dan pengetahuan unik tersebut.

Sosial media tidak hanya berfungsi menjalin komunikasi dengan orang-orang yang belum pernah anda temui sebelumnya, melainkan juga menciptakan peluang untuk meraih pundi-pundi rupiah. Khususnya di sosial media berbagi foto seperti Instagram, Anda bisa melihat minat mereka yang begitu besar terhadap eksistensi diri, dan berharap ada yang mengajari mereka untuk lebih menonjol dan menarik hanya dari foto.

Di sinilah Anda bisa berperan memberikan solusi bagi mereka, dengan berusaha menyediakan informasi bermanfaat yang tidak saja menambah nilai mereka sebagai manusia, melainkan membantu anda untuk memperkenalkan produk yang sesuai sehingga pada akhirnya menciptakan solusi saling menguntungkan satu sama lain.

Semua itu tidak akan terjadi jika Anda tidak menyediakan waktu yang lebih banyak untuk menciptakan akun profil yang unik dan memancing minat orang lain untuk mengikuti Anda dengan suka rela. Sediakan waktu atau bayar seseorang untuk melakukan pekerjaan tersebut. Ada banyak sekali contoh-contoh desain gambar yang menarik yang tersedia. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencarinya. Beberapa malah dengan senang hati membuatkan dengan gratis untuk Anda, sehingga Anda hanya perlu mengganti kalimat dan gambarnya. Atau istilah yang biasa kita dengar, template. Template-template iklan banyak dan bisa anda cari di google.

Saya meminta maaf sebelumnya jika di artikel ini anda tidak menemukan cara menciptakan akun profil Instagram yang unik dan menarik. Artikel ini memberikan wawasan dan informasi yang bisa Anda kembangkan lebih lanjut. Bisa dikatakan, ini adalah bekal anda dalam perjalanan membangun kerajaan bisnis anda di Instagram. Tiap-tiap orang itu unik. Sekali saya katakan, Anda itu unik, begitu pula dengan saya. Temukan sisi unik Anda dan implementasikan dengan baik pada akun profil Instagram Anda.

Kenapa Anda tidak mendapatkannya di artikel ini!?

Jawabannya sederhana.

Jika saya memberikannya di sini, maka semua orang akan menirunya dan itu pasti akan membuat anda bosan, karena setiap usaha yang dilakukan tiap orang berbeda-beda hasilnya. Untuk itulah mengapa saya tekankan kepada Anda untuk mencari langsung dalam diri Anda.

Salah satu contoh praktis yang bisa Anda lakukan hari ini juga adalah mulai membaca bacaan-bacaan menarik yang Anda temui dimana saja. Coba perhatikan, mengapa bacaan tersebut sangat menarik perhatian Anda? Analisa setiap kata yang mendorong Anda untuk membacanya berlama-lama. Anda terdorong untuk asyik membacanya pasti salah satunya karena ada sesuatu mengenai diri Anda di sana, yang mungkin tidak anda sadari. Seolah-olah bacaan itu menceritakan diri Anda, mengetahui Anda lebih dari siapapun, bahkan Anda sendiri pun baru menyadarinya.

Langkah sederhana ini bisa juga Anda terapkan untuk mengetahui mengapa beberapa hal bisa menimbulkan kebosanan dalam diri Anda. Sudah sering kita lakukan, ketika menemukan sesuatu yang tidak menarik alias membosankan, kita langsung mengabaikannya. Tidak ada sesuatu yang istimewa didalamnya sehingga otak Anda menganggapnya tidak penting dan bukan sesuatu yang perlu mendapat perhatian khusus.

Dari sini Anda sebenarnya bisa mendapatkan banyak ide dan informasi yang sudah lebih dari cukup untuk mulai menciptakan akun profil Instagram yang unik, menarik dan menggugah. Begitu orang lain melihat profil Instagram Anda, mereka tidak ragu lagi mengikuti Anda. Bukankah itu yang Anda inginkan!? :)

Seperti biasa, jika Anda benar-benar membutuhkan panduan langkah-langkah praktis bagaimana memulai kerajaan bisnis di Instagram, metode-metode yang langsung bisa Anda terapkan tanpa harus dipusingkan dengan teori ini itu, Anda bisa memesannya langsung melalui Tokopedia. Silakan klik Ratusan Ribu Perhari Dari Instagram. Dalam eBook ini, Anda tidak lagi menemukan teori-teori yang bikin sakit perut. Saya akan langsung ke inti, yakni praktik.

Minggu, 15 Mei 2016

Menemukan Niche Unik Yang Siap Di Tumbuhkan Di Instagram

Pada beberapa bahasan sebelumnya, saya pernah menceritakan poin-poin umum yang berkaitan dengan mencari peluang unik di Instagram. Ada tiga bahasan yang saya jabarkan dengan panjang lebar, yang akan membantu anda untuk lebih memahami artikel yang akan segera anda baca ini.

Pada artikel pertama, menemukan kesempatan unik di Instagram, saya jelaskan bagaimana pentingnya minat dan gairah anda sebelum melangkah lebih jauh. Ini tentu saja untuk mencegah anda menjadi bosan dan berharap terlalu cepat, padahal prosesnya masih berjalan. Di artikel berikutnya, saya merinci dengan detil dan panjang lebar, bagaimana melihat potensi dari ide beberapa akun yang unik di Instagram, yang akan membuka wawasan anda akan potensi dari peluang-peluang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Berikutnya, artikel ketiga, lebih bercerita tentang mental dan paradigma yang harus anda bangun dan kembangkan, lalu menyeimbangkannya dengan semangat, hobi dan pengetahuan unik yang anda miliki, sehingga anda lebih menikmati prosesnya.

Baik, disini, saya akan memberikan gambaran bagaimana saya akan membantu anda menemukan niche atau ceruk peluang yang unik, yang siap anda lejitkan potensinya di Instagram.

Pada dasarnya, setiap ceruk atau niche yang unik selalu mampu menarik perhatian orang-orang, terlepas apakah akan terkonversi menjadi hasil yang anda inginkan atau tidak. Menemukan dan mencari ceruk unik tentu menjadi tantangan tersendiri, bagi anda dan saya tentunya, sebagai orang yang sangat tertarik dengan dunia sosial media yang dinamis dan penuh kejutan.

Saya akan menjelaskan dalam bentuk studi kasus pada beberapa akun yang menurut saya menarik dan benar-benar unik. Tidak pernah terbayangkan bagaimana akun ini begitu luar biasa memiliki banyak pengikut atau follower, dengan memamerkan photo biasa, namun dengan sentuhan unik dan menarik.

jualan barang unik
Niche yang unik dan menarik!


Coba anda lihat beberapa postingan photo yang mereka pamerkan. Idenya sangat sederhana, yakni memamerkan sesuatu yang biasa anda temukan sehari-hari, baju, smartphone, photo selfie, kegiatan sehari-hari. Lalu bagaimana sampai memiliki begitu banyak follower?

Ada yang tahu jawabannya? Coba lihat kembali gambarnya dan pikirkan kira-kira 2-3 menit.

Jika anda menyerah, jawabannya ada pada komposisi warnanya. Warna-warni dari setiap postingan photo-photo tersebut benar-benar memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Termasuk juga saya. Coba perhatikan kembali. Barang-barang yang mudah anda temui dimana saja diolah sedemikan rupa sehingga menjadi sebuah karya yang unik dan menarik perhatian. Bahkan pemiliknya tidak perlu susah-susah untuk melakukan interaksi, misalnya membalas komen-komen dari penggemar.

Disinilah ide unik mereka yang bisa anda jadikan rujukan. Sang pemilik akun tidak perlu berusaha berinteraksi dengan follower mereka karena apa yang mereka pamerkan sesuatu yang umum dan mudah ditemui dimana saja. Sekali lagi coba lihat. Baju, smartphone, kue, dan postingan lainnya bukan sesuatu yang istimewa. Akun tersebut biasa saja, namun kreativitas sang pemiliknya yang tinggi yang menjadikan akun tersebut unik dan menarik, sehingga memancing pengguna akun instagram lain untuk menjadi follower mereka.

Disisi lain, bukan berarti anda bisa meniru mentah-mentah apa yang mereka lakukan. Apa yang anda lihat adalah hasil akhirnya. Kita tidak tahu bagaimana awal mulanya. Petunjuk paling mudah adalah mencoba memaksimalkan warna-warna yang mencolok dan memanjakan mata. Warna-warna yang memberikan arti tersendiri bagi penggemar sehingga terus mampu menarik perhatian orang-orang dari komunitas Instagram.

jualan barang unik


Lain lagi dengan akun Instagram @pinot milik [nama]. Akun ini kontennya lebih banyak diisi dengan video. Meskipun hampir sama dengan akun-akun yang kontennya juga lebih banyak video, tapi coba perhatikan lebih seksama. Ohya, karena merupakan video, silakan akses melalui smarpthone anda untuk melihat langsung akunnya. Akun ini, seperti yang tertulis di bionya, merupakan kumpulan video scketbook, yang kalau dilihat dari video-videonya, sketchbook itu gambar yang terlihat hidup. Saya tidak memiliki penjelasan yang lebih baik. Atau Anda mungkin mau membantu? :)

Intinya, bagaimana seorang Pinot memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan ide unik yang juga merupakan hobinya. Menariknya lagi, Pinot warga Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di New York. Patut di apresiasi dan mudah-mudahan memberikan sumbangsih kepada Indonesia selepas lulus dari Amerika Serikat.

Saat ini, benar-benar butuh waktu untuk menemukan ceruk pasar atau niche yang unik, karena hampir semua orang sudah memilikinya atau memanfaatkannya. Yang perlu anda lakukan adalah memanfaatkan metode ATK. Apa itu metode ATK? Amati, Tiru, Kembangkan. Karena saya yakin anda sudah mengerti tentang Amati dan Tiru, maka saya akan jelaskan sedikit tentang Kembangkan.

Ketika anda mencari ide atau bahan referensi untuk artikel atau konten unik yang berbeda, sudah pasti anda akan mengambil rujukan dari sumber-sumber yang kredibelitasnya sudah dipercaya dan diakui secara luas. Terkadang, informasi yang disampaikan masih kurang dan memerlukan rincian lebih jauh, sehingga informasi tersebut benar-benar menjadi utuh dan lengkap. Itu kalau konten berupa tulisan. Lalu bagaimana dengan konten berupa visual!?

Konten visual tentu lebih mudah anda dapatkan. Karena tidak perlu melakukan perombakan disana-sini. Yang perlu anda lakukan hanyalah bermain dengan variasi warna-warna sehingga menciptakan konten yang berbeda dengan aslinya. Inilah yang saya maksudkan dengan salah satu metode Kembangkan. Beberapa photographer biasanya langsung memamerkan hasil karyanya, tanpa perlu melakukan perubahan pada hasil jepretannya. Kalaupun ada perubahan, itu biasanya perubahan pada level kecerahan photo tersebut.

Jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan lupa dibagikan kepada teman-teman anda. Anda tidak pernah tahu diantara teman-teman anda ada yang membutuhkan bacaan ringan seperti ini.

Jika anda membutuhkan langkah-langkah praktis dan ide-ide segar yang menambah wawasan Anda, Saya saat ini sedang proses menyelesaikan ebook pertama mengenai Eksperimen Sosial Media; Edisi Instagram. Dalam eBook ini saya akan memaparkan langkah-langkah taktis, singkat dan jelas tanpa bertele-tele bagaimana menciptkan peluang pertama anda yang menghasilkan di Instagram. Perlu anda pahami bahwa eBook ini adalah eBook yang berisi panduan taktis yang bisa langsung anda praktekkan. Dengan kata lain, bukan eBook informasi panjang lebar, seperti artikel yang anda baca ini.

Sabtu, 14 Mei 2016

Seimbangkan Semangat, Hobi dan Pengetahuan Unik

Idealis, merupakan pengertian dari keinginan seseorang yang memiliki minat sangat tinggi terhadap sesuatu dan tidak perduli jika minat itu sesuatu yang tidak baik atau tidak memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Nah, ketika memutuskan untuk bermain di sosial media, penting sekali untuk menyimpan idealis ini sebatas hobi dan pertimbangkan peluang-peluang yang lebih menjanjikan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Disisi lain, penting bagi Anda untuk tetap juga memikirkan hobi itu tersebut sebagai investasi jangka panjang. Karena bagaimanapun, setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Selalu ada celah untuk setiap kegiatan menjadi bermanfaat, asalkan tahu dan memahami bagaimana mengelolanya.

Pada edisi sebelumnya, saya pernah membahas tentang bagaimana menemukan kesempatan unik di Instagram, kesempatan yang membantu anda untuk menciptakan peluang yang bisa menaikkan branding anda di sosial media. Lalu merubahnya menjadi sebuah akun menarik yang belum pernah di temukan, yang memancing orang-orang membicarakannya. Ini tentu membutuhkan proses yang lama dan kerja cerdas yang terorganisir. Ingat ya, kerja cerdas, bukan kerja keras!

Nah kembali lagi pada topik awal, semua ini membutuhkan semangat yang tidak pernah luntur. Hobi apapun tentunya akan memberikan pengetahuan unik kepada mereka yang tekun melakukannya. Sebelumnya, hobi ini adalah kata kerja. Jadi apapun yang anda lakukan dan anda senang melakukannya, itulah yang disebut dengan hobi. Kegemaran anda pada sepeda motor misalnya, pastinya anda harus melakukan sesuatu untuk terus mengikuti perkembangan sepeda motor. Tentunya kegemaran sepeda motor itu bisa di pecah lebih spesifik, misalnya sepeda motor matik atau moge (motor gede). Ketika kegemaran ini muncul, anda akan mencari informasi-informasi menarik sepeda motor spesifik yang sudah ditentukan sebelumnya. Setiap orang yang memiliki minat yang sama akan senang hati memberikan informasi unik yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Dan biasanya mereka memiliki semacam perkumpulan yang fokus pembicaraannya tidak jauh-jauh dari sepeda motor. Pastinya juga selalu ada salah seorang anggota yang menawarkan pernak-pernak unik seputar sepeda motor.

Baca juga: Bagaimana Mencari Ide Akun Yang Unik Di Instagram

Ketika memutuskan memilih ceruk (niche) pasar yang berbeda dari hobi anda, disinilah tantangannya. Banyak dari mereka yang sukses karena memilih jalan yang sama sekali berbeda dari jalan biasa yang mereka lalui. Perlu saya tekankan disini, saya tidak menganjurkan anda untuk beralih profesi dan meninggalkan hobi anda, terlepas apapun jenis hobi anda. Yang saya ingin berikan pada artikel singkat ini adalah bagaimana sebuah kesempatan unik akan membuka peluang yang tidak pernah anda bayangkan. Dan siapa tahu bisa dikolaborasikan dengan hobi anda.

Pada intinya, bagaimana menyeimbangkan antara semangat anda pada hobi yang anda tekuni, diikuti dengan pengetahuan yang memadai sehingga anda mengerti dan memahami tujuan pasti mengapa Anda menghabiskan banyak waktu di sosial media. Pengetahuan unik yang anda dapatkan tentunya akan sangat berarti dan bermanfaat sebagai pendorong tambahan atau daya dongkrak yang mencegah anda kehilangan motivasi.

Salah satu contoh kasus ini mungkin bisa menjadi tambahan motivasi buat anda.

Salah seorang blogger profesional Indonesia, Yudiono, dulunya adalah seorang pekerja yang bekerja di sebuah perusahaan asing dengan gaji sekitar US$2,000. Angka segitu jika di konversi ke rupiah setara gaji manajer sebuah perusahaan lokal. Apalagi nilai tukar rupiah saat itu memang tidak setinggi sekarang, tapi tetap saja angka tersebut cukup banyak. Bayangkan, dia keluar dari pekerjaannya untuk beralih profesi menjadi seorang blogger profesional. Profesi yang tidak jelas dan rawan stress. :)

Bahkan orang tuanya sangat menentang keputusan tersebut. Mungkin karena pola pikir mereka yang masih terbawa zaman dahulu, dimana pekerjaan sangat sulit didapat. Tapi tentu saja, mas Yudi tetap keukeh dengan pendiriannya kalau ini adalah pilihan yang paling baik.

Mengapa saya menceritakan kisah ini!? Apa hubungannya!?

Seperti yang saya katakan di paragraf awal, semangat yang dicari mas Yudi pada pekerjaannya tidak ada, sehingga jika dibiarkan terus seperti itu, maka produktifitasnya akan terganggu dan sudah pasti akan berdampak pada pekerjaannya. Mas Yudi tidak menemukan pengetahuan unik yang bisa dia dapatkan di dalam pekerjaan tersebut. Menariknya, semua itu, semangat, hobi dan pengetahuan unik justru beliau temukan ketika memutuskan berubah haluan menjadi seorang profesional blogger.

Idealis, sekali lagi, akan sangat berguna pada saatnya nanti, ketika anda berani melewati rintangan demi rintangan yang akan sering anda temui di perjalanan membangun kerajaan bisnis anda di Instagram. Tidak hanya anda saja, ada banyak orang diluar sana yang juga memiliki semangat dan komitmen untuk meraih kehidupan yang lebih baik dengan semua kemampuan yang dimiliki. Ijinkan saya untuk mengatakan hal ini, kalau anda berhak untuk sukses, tidak peduli metode apa yang akan anda gunakan. Kesempatan itu selalu terbuka. Semua kembali pada pilihan anda, ingin menempuh cara yang normal dan benar atau memilih cara yang salah dan kotor.

Jadi sementara ini, lupakan idealisme anda, temukan semangat dan hobi dari setiap peluang yang tersebar di luar sana, lalu kombinasikan dengan pengetahuan unik yang anda dapatkan dari mana saja, hingga tidak saja memberikan manfaat kepada orang lain, tapi juga menghasilkan pundi-pundi rupiah ke rekening anda.