Rabu, 18 Mei 2016

Riset Untuk Membuat Akun Profil Instagram Yang Unik dan Menarik

Seorang professional blogger yang baik sebelum mulai berkecimpung di dunia blogging harus meriset topik apa yang kira-kira disukai pembaca. Topik yang tidak saja memberikan manfaat terhadap pengunjung blognya, tapi juga memberikan umpan balik kepada sang pemiliknya.

Begitu pula dengan calon professional sosial media, seperti Anda. Anda tidak bisa langsung membuat akun Instagram tentang diri Anda, misalnya, lalu memamerkan koleksi poto-poto Anda yang tidak terlalu menarik perhatian. Bukan karena Anda tidak ganteng/cantik, karena ganteng dan cantik itu masalah genetik. Percuma kan kalau ganteng taunya manusia serigala atau cantik-cantik taunya penghisap darah alias drakula alias vampir. :)

Memilih akun profil yang unik dan menarik merupakan perwakilan dari apa yang akan Anda berikan kepada calon pengikut Anda. Melakukan riset untuk menetapkan akun profil yang sesuai tidaklah memakan waktu berhari-hari, atau berminggu-minggu. Cukup dengan memanfaatkan beberapa tool-tool riset yang banyak tersedia di Internet. Salah satunya adalah Google Keyword Planner. Meskipun GKP lebih sering digunakan mencari kata kunci untuk keperluan menulis artikel di blog, tidak ada salahnya Anda menggunakan tool yang sama untuk mencari nama akun profil yang memancing rasa penasaran calon konsumen atau pengikut Anda.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, mungkin Anda bisa sedikit meluangkannya untuk membaca artikel yang masih berkaitan dengan apa yang saya bagian pada kesempatan kali ini. Di artikel menciptakan akun profil Instagram yang unik dan menarik yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu, Saya menjelaskan banyak hal dan bagaimana proses riset Anda akan lebih optimal setelah Anda membacanya terlebih dahulu. Jika Anda sudah membacanya, silakan lanjut.

Selain memanfaatkan tool-tool gratis, Anda bisa melakukan riset pada beberapa akun yang cukup populer di Instagram. Tidak sampai di Instagram saja, Anda pun bisa melebarkan sayap untuk mencari dan menemukan beberapa ide yang cukup menarik di berbagai sosial media; Facebook, Twitter, Google+, Medium.com, Vk, forum-forum, baik forum dalam negeri maupun forum luar, dan terakhir tapi bukan yang pertama, Youtube. Perhatikan bagaimana pemilik akun-akun yang populer memilih nama yang tidak biasa sehingga orang-orang tidak sabar untuk menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Tentu sebagian ada yang tidak terlalu peduli dengan nama. Sebagian dari mereka berpikir, apalah arti sebuah nama. Sebuah pernyataan yang menantang sebenarnya. Tapi di jejaring sosial berbagi poto seperti Instagram, hal itu berarti sangat banyak. Salah memberikan nama pada akun profil, siap-siap kehilangan potensi ratusan juta pengguna Instagram yang aktif setiap bulan.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada satupun pengembang yang menciptakan software yang bisa mencari kata kunci yang paling potensial di Instagram. Salah satu yang menghambat adalah akses Instagram yang khusus untuk smartphone saja. Akses dari web masih sebatas log-in, log-out, buat akun, edit akun,

Lain halnya dengan sosial media paling populer sejagat, Facebook. Sosial media ini memiliki banyak sekali alat-alat pendukung di luar sana. Bahkan salah satu alat pendukung tersebut buatan anak bangsa dan sudah banyak sekali dimanfaatkan oleh mereka yang mencari peluang di sosial media.

Apa yang menarik dari penggunaan alat-alat pendukung ini?

Alat-alat ini membantu Anda untuk mengidentifikasi perilaku manusia saat mereka aktif di sosial media. Dari perilakunya ini, kita bisa melihat apa minat mereka, berapa usia mereka dan bagaimana pola interaksi dengan sesama pengguna sosial media. Tentunya tidak semua orang mencantumkan minat maupun hal-hal yang bersifat pribadi untuk di konsumsi umum. Nah, di situlah peran unik dan menarik dari alat-alat pendukung ini. Kita akan dibantu untuk mengumpulkan orang-orang sesuai minat yang kita cari.

Misalnya, ketika melakukan riset untuk menemukan ide mengenai akun profil Instagram yang unik dan menarik, Anda memutuskan melakukan riset di sosial media lain. Pada kasus ini, kita akan menggunakan sosial media Facebook.

Anda bisa mengakses alat pendukung ini di http://facebookgraph.tk/. Ini adalah alat pendukung khusus untuk Facebook. Seperti yang saya bilang sebelumnya, alat pendukung ini membantu Anda menemukan banyak ide menarik yang bisa anda implementasikan pada calon akun profil Instagram Anda. Sebelum Anda menggunakannya, pastikan Anda log-in dulu ke akun Facebook, karena alat tersebut terintegrasi dengan FB langsung. Jadi kalau Anda tidak log-in, maka Anda tidak bisa menggunakannya.


Dari riset sederhana ini saja, sudah banyak sekali ide-ide yang membantu Anda semakin dekat untuk membuat akun profil Instagram yang menarik. Perhatikan nama dan profil dari tiap-tiap grup atau fan page tersebut dan lihat mana yang mendapatkan like paling banyak atau mana grup yang paling ramai dan aktif.

Jika artikel ini banyak membantu Anda, ijinkan saya memberikan Anda apresiasi yang tulus. Saya yakin dari penjelasan singkat ini akan membuka wawasan Anda lebih jauh lagi. Masalah Anda akan praktek atau tidak itu masalah belakangan. Yang penting Anda memahami apa yang saya sampaikan.

Tapi, jika Anda masih kesulitan membayangkan, mungkin Anda membutuhkan lebih dari sekedar informasi. Yang Anda butuhkan adalah langkah-langkah praktis, metode yang bisa langsung Anda praktekkan tanpa perlu direpotkan dengan teori-teori yang bikin sakit kepala

Eksperimen Sosial Media; Edisi Instagram adalah eBook yang membahas langkah-langkah praktis yang bisa Anda praktekkan tanpa perlu banyak mikir. Saya akan mengajarkan Anda langsung metodenya mulai dari halaman pertama hingga halaman akhir. Bisa dikatakan, isi eBook ini 99% praktek. Saat ini, eBook dalam proses penyelesaian. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa berada di tangan Anda. Saya rencana akan menjualnya di Tokopedia dan BukaLapak. Jadi transaksinya sangat aman. Blog ini saya gunakan untuk keperluan promosi.