Jumat, 13 Mei 2016

Bagaimana Mencari Ide Akun Yang Unik Di Instagram

Tahukah Anda, sosial media merupakan alat unik yang membantu mempertemukan banyak orang yang dulunya sulit di hubungi. Masih ingat dahulu bagaimana fenomenalnya Facebook yang berhasil menemukan dan menyatukan banyak orang yang terpisah? Banyak alumni dari lembaga-lembaga pendidikan yang akhirnya bertemu karena jaman dahulu belum ada smartphone, sehingga sulit untuk dihubungi satu sama lain.

Kembali ke topik awal, di artikel ini, saya akan memberikan wawasan bagaimana mencari ide akun yang unik di instagram. Saya pernah membahas mengenai kesempatan unik di instagram yang bisa anda gali dan merubahnya menjadi pundi-pundi rupiah. Nah kali ini, saya akan coba membahas bagaimana ide akun yang unik akan memperbesar kesempatan anda untuk memulai langkah membangun kerajaan bisnis anda di Instagram.

Sebelumnya, kita akan pecah dulu kategori akun yang paling sering di manfaatkan oleh pengguna di Instagram.

Akun Agama/Dakwah Islam
Akun yang paling banyak penggemarnya, karena kita tahu agama Islam merupakan mayoritas di Indonesia. Selain itu, sangat mudah mendapatkan pengikut dari model akun seperti ini. Sumber untuk kontennya pun sangat mudah dicari dan tersebar dimana-mana.

Akun lucu-lucuan
Kategori ini termasuk akun yang isinya gambar lucu, meme kocak dan seterusnya. Jenis akun yang sebaiknya anda hindari jika anda ingin membangun kerajaan bisnis di instagram. Orang-orang menjadi pengikut akun ini karena mencari hiburan, bukan mencari produk. Jika memutuskan untuk beriklan misalnya, bisa dipastikan akan kecewa. Tidak tertarget dan membuang-buang uang. Saya disini tidak asal ngomong, karena saya melakukan eksperimen langsung dan menyadari tingkat interaksinya yang rendah. Sebelumnya saya belum pernah menggunakan jasa akun instagram lain untuk keperluan promosi. Saya memanfaatkan akun instagram saya yang menyasar pengguna dari USA. Lain kali saya akan membuat artikel khusus soal ini.

Akun pengetahuan
Akun paling aneh yang pernah saya temui di Instagram. Jujur saja, orang-orang aktif di Instagram mau cuci mata, bukan mencari pengetahuan. Uniknya, tipe akun ini hanya ada di Indonesia. Untuk negara lain, saya tidak pernah menemukannya. Mungkin karena mereka mengetahui kalau Instagram adalah aplikasi berbagi poto, bukan berbagi pengetahuan. Secara pribadi, saya kurang menyukai akun seperti ini, karena saya sendiri hobi baca dan kalau sudah menemukan akun model gini, suka kesal sendiri. Kenapa kesal? Ya, selain bikin penasaran akibat infonya yang sepotong-sepotong, juga karena saya akan terus membuka poto-potonya, kadang sampai lupa waktu dan kaget sudah berapa ratus poto yang saya scroling. :P

Baca juga: Menemukan Kesempatan Unik Di Instagram

Akun Bijak
Hampir sama dengan akun tipe pengetahuan di atas. Isi akun ini gambar yang diisin dengan kata-kata bijak, entah dari buku, film, musik maupun kutipan dari tokoh-tokoh terkenal. Saya belum menemukan akun bijak dalam bahasa Indonesia. Akun ini paling sering muncul di model-model akun lainnya, seperti akun dakwah, akun bijak dan akun pengetahuan.

Akun Jalan-jalan
Akun inilah tujuan sebenarnya Instagram dibuat. Akun inipun bisa kita bedakan jadi sub-sub akun; akun pemandangan laut, sawah, gunung-gunung, panorama, aktivitas kota dan lainnya. Jenis akun ini universal. Hampir semua orang pasti menyukainya dan selalu memiliki pengikut yang tidak sedikit.

Akun artis
Kalau akun ini sih sudah jelas ya. Akun yang isinya poto artis dengan kegiatannya masing-masing, dengan tujuan untuk lebih dekat dengan penggemarnya.

Akun cantik
Mungkin anda penasaran, akun cantik? Isinya apa ya? Coba tebak isinya apa. Jangan lihat jawabannya selama 2-3 menit. Pikirkan.

Akun ini biasanya akun yang isinya kumpulan wanita-wanita cantik, entah wanita cantik berhijab, wanita seksi bahkan sampai wanita topless. Tipe akun yang juga banyak sekali penggemarnya, terutama dari kalangan pria. Tapi tingkat interaksinya sedikit.

Akun hewan
Jenis akun yang juga memiliki potensi besar dan selalu mampu menarik pengikut. Terutama pengikut dari kalangan wanita. Akun ini biasanya memamerkan kelucuan dan tingkah pola berbagai macam hewan, entah hewan liar maupun hewan peliharaan. Akun yang paling terkenal di kategori ini adalah akun yang memamerkan kucing.

Akun fanbase
Tipe akun berdasarkan kegemaran pada suatu hal. Bisa klub olahraga, kegemaran pada barang-barang unik, mobil, motor, video game dan seterusnya. Tipe akun ini angin-anginan. Anda harus melakukan riset yang agak mendalam untuk menemukan ceruk potensial.

Akun jualan
Tidak perlu penjelasan panjang. Tipe akun yang selalu dan wajib ada di setiap sosial media. Gak ada akun model ini rasanya ada yang kurang. Menariknya, selalu Indonesia yang menonjol urusan akun tipe ini. Akun-akun lain juga jualan, tapi mereka lebih halus. Halus ini biasanya akun jualan tersebut sudah memiliki toko, entah offline maupun online. Dan poto-poto yang ada pun kebanyakan memanfaatkan model.

Akun eksperimen
Akun khusus yang diciptakan oleh Internet Marketer, seperti anda dan saya. Isinya bisa beragam dan biasanya mencakup semua akun. Tujuannya tentu saja untuk melihat mana yang berhasil lolos dari jebakan banned Instagram.

Akun rawan blokir
Akun yang aktivitasnya terlalu mencurigakan. Biasanya dikendalikan oleh software khusus, sehingga kurang dari seminggu sudah kena blokir Instagram. Hampir sama dengan akun model eksperimen.

Dari beberapa akun ini, Anda bisa mencari dari yang paling mungkin membantu untuk menemukan ide akun unik untuk membangun kerajaan bisnis instagram Anda. Akun-akun ini tidak perlu anda diikuti mutlak. Anda bisa mengkombinasikannya satu sama lain, mengurangi kalimat ini, menambah kalimat ini sehingga anda bisa menemukan ide akun yang benar-benar unik dan bisa segera melakukan aksi.

Jika anda membutuhkan langkah-langkah praktis dan ide-ide segar yang menambah wawasan Anda, Saya saat ini sedang proses menyelesaikan ebook pertama mengenai Eksperimen Sosial Media; Edisi Instagram. Disitu saya memaparkan langkah-langkah taktis, singkat dan jelas tanpa bertele-tele. Ebook ini bukan ebook informasi, tapi ebook praktek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar