Minggu, 15 Mei 2016

Menemukan Niche Unik Yang Siap Di Tumbuhkan Di Instagram

Pada beberapa bahasan sebelumnya, saya pernah menceritakan poin-poin umum yang berkaitan dengan mencari peluang unik di Instagram. Ada tiga bahasan yang saya jabarkan dengan panjang lebar, yang akan membantu anda untuk lebih memahami artikel yang akan segera anda baca ini.

Pada artikel pertama, menemukan kesempatan unik di Instagram, saya jelaskan bagaimana pentingnya minat dan gairah anda sebelum melangkah lebih jauh. Ini tentu saja untuk mencegah anda menjadi bosan dan berharap terlalu cepat, padahal prosesnya masih berjalan. Di artikel berikutnya, saya merinci dengan detil dan panjang lebar, bagaimana melihat potensi dari ide beberapa akun yang unik di Instagram, yang akan membuka wawasan anda akan potensi dari peluang-peluang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Berikutnya, artikel ketiga, lebih bercerita tentang mental dan paradigma yang harus anda bangun dan kembangkan, lalu menyeimbangkannya dengan semangat, hobi dan pengetahuan unik yang anda miliki, sehingga anda lebih menikmati prosesnya.

Baik, disini, saya akan memberikan gambaran bagaimana saya akan membantu anda menemukan niche atau ceruk peluang yang unik, yang siap anda lejitkan potensinya di Instagram.

Pada dasarnya, setiap ceruk atau niche yang unik selalu mampu menarik perhatian orang-orang, terlepas apakah akan terkonversi menjadi hasil yang anda inginkan atau tidak. Menemukan dan mencari ceruk unik tentu menjadi tantangan tersendiri, bagi anda dan saya tentunya, sebagai orang yang sangat tertarik dengan dunia sosial media yang dinamis dan penuh kejutan.

Saya akan menjelaskan dalam bentuk studi kasus pada beberapa akun yang menurut saya menarik dan benar-benar unik. Tidak pernah terbayangkan bagaimana akun ini begitu luar biasa memiliki banyak pengikut atau follower, dengan memamerkan photo biasa, namun dengan sentuhan unik dan menarik.

jualan barang unik
Niche yang unik dan menarik!


Coba anda lihat beberapa postingan photo yang mereka pamerkan. Idenya sangat sederhana, yakni memamerkan sesuatu yang biasa anda temukan sehari-hari, baju, smartphone, photo selfie, kegiatan sehari-hari. Lalu bagaimana sampai memiliki begitu banyak follower?

Ada yang tahu jawabannya? Coba lihat kembali gambarnya dan pikirkan kira-kira 2-3 menit.

Jika anda menyerah, jawabannya ada pada komposisi warnanya. Warna-warni dari setiap postingan photo-photo tersebut benar-benar memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Termasuk juga saya. Coba perhatikan kembali. Barang-barang yang mudah anda temui dimana saja diolah sedemikan rupa sehingga menjadi sebuah karya yang unik dan menarik perhatian. Bahkan pemiliknya tidak perlu susah-susah untuk melakukan interaksi, misalnya membalas komen-komen dari penggemar.

Disinilah ide unik mereka yang bisa anda jadikan rujukan. Sang pemilik akun tidak perlu berusaha berinteraksi dengan follower mereka karena apa yang mereka pamerkan sesuatu yang umum dan mudah ditemui dimana saja. Sekali lagi coba lihat. Baju, smartphone, kue, dan postingan lainnya bukan sesuatu yang istimewa. Akun tersebut biasa saja, namun kreativitas sang pemiliknya yang tinggi yang menjadikan akun tersebut unik dan menarik, sehingga memancing pengguna akun instagram lain untuk menjadi follower mereka.

Disisi lain, bukan berarti anda bisa meniru mentah-mentah apa yang mereka lakukan. Apa yang anda lihat adalah hasil akhirnya. Kita tidak tahu bagaimana awal mulanya. Petunjuk paling mudah adalah mencoba memaksimalkan warna-warna yang mencolok dan memanjakan mata. Warna-warna yang memberikan arti tersendiri bagi penggemar sehingga terus mampu menarik perhatian orang-orang dari komunitas Instagram.

jualan barang unik


Lain lagi dengan akun Instagram @pinot milik [nama]. Akun ini kontennya lebih banyak diisi dengan video. Meskipun hampir sama dengan akun-akun yang kontennya juga lebih banyak video, tapi coba perhatikan lebih seksama. Ohya, karena merupakan video, silakan akses melalui smarpthone anda untuk melihat langsung akunnya. Akun ini, seperti yang tertulis di bionya, merupakan kumpulan video scketbook, yang kalau dilihat dari video-videonya, sketchbook itu gambar yang terlihat hidup. Saya tidak memiliki penjelasan yang lebih baik. Atau Anda mungkin mau membantu? :)

Intinya, bagaimana seorang Pinot memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan ide unik yang juga merupakan hobinya. Menariknya lagi, Pinot warga Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di New York. Patut di apresiasi dan mudah-mudahan memberikan sumbangsih kepada Indonesia selepas lulus dari Amerika Serikat.

Saat ini, benar-benar butuh waktu untuk menemukan ceruk pasar atau niche yang unik, karena hampir semua orang sudah memilikinya atau memanfaatkannya. Yang perlu anda lakukan adalah memanfaatkan metode ATK. Apa itu metode ATK? Amati, Tiru, Kembangkan. Karena saya yakin anda sudah mengerti tentang Amati dan Tiru, maka saya akan jelaskan sedikit tentang Kembangkan.

Ketika anda mencari ide atau bahan referensi untuk artikel atau konten unik yang berbeda, sudah pasti anda akan mengambil rujukan dari sumber-sumber yang kredibelitasnya sudah dipercaya dan diakui secara luas. Terkadang, informasi yang disampaikan masih kurang dan memerlukan rincian lebih jauh, sehingga informasi tersebut benar-benar menjadi utuh dan lengkap. Itu kalau konten berupa tulisan. Lalu bagaimana dengan konten berupa visual!?

Konten visual tentu lebih mudah anda dapatkan. Karena tidak perlu melakukan perombakan disana-sini. Yang perlu anda lakukan hanyalah bermain dengan variasi warna-warna sehingga menciptakan konten yang berbeda dengan aslinya. Inilah yang saya maksudkan dengan salah satu metode Kembangkan. Beberapa photographer biasanya langsung memamerkan hasil karyanya, tanpa perlu melakukan perubahan pada hasil jepretannya. Kalaupun ada perubahan, itu biasanya perubahan pada level kecerahan photo tersebut.

Jika anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan lupa dibagikan kepada teman-teman anda. Anda tidak pernah tahu diantara teman-teman anda ada yang membutuhkan bacaan ringan seperti ini.

Jika anda membutuhkan langkah-langkah praktis dan ide-ide segar yang menambah wawasan Anda, Saya saat ini sedang proses menyelesaikan ebook pertama mengenai Eksperimen Sosial Media; Edisi Instagram. Dalam eBook ini saya akan memaparkan langkah-langkah taktis, singkat dan jelas tanpa bertele-tele bagaimana menciptkan peluang pertama anda yang menghasilkan di Instagram. Perlu anda pahami bahwa eBook ini adalah eBook yang berisi panduan taktis yang bisa langsung anda praktekkan. Dengan kata lain, bukan eBook informasi panjang lebar, seperti artikel yang anda baca ini.